Komunikasi Langsung, Langkah Efektif Cegah Pemberitaan Hoax

By Admin

nusakini.com--Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mempunyai kiat tersendiri dalam mencegah dan mengantisipasi pemberitaan hoax. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengungkapkan, komunikasi langsung antar persona dengan masyarakat merupakan salah satu upaya efektif dalam mencegah pemberitaan hoax. 

Ditemui saat menghadiri acara kordinasi Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi, Kamis (23/3) Walikota Risma mengatakan, untuk mengatasi pemberitaan hoax di Surabaya, klarifikasi dengan turun langsung ke masyarakat merupakan salah satu langkah yang efektif. 

Menurut Walikota Risma, menyampaikan informasi secara langsung masih merupakan salah satu yang efektif agar informasi dapat diterima oleh masyarakat. Misalkan tentang kebersihan lingkungan dan kesehatan, pihaknya turun langsung memberikan pemahaman lingkungan yang bersih ke masyarakat. Salah satu program milik pemkot tersebut adalah gebyar pembarantasan sarang nyamuk yang beberapa waktu yang lalu digelar. 

Terkait pemberitaan hoax, menurut Wali Kota perempuan pertama dalam sejarah Surabaya ini, Anak-anak lebih rawan terpengaruh oleh berita bohong daripada orang dewasa. Untuk itu, pihaknya saat ini terus memberikan pemahaman bahwa menyebar berita bohong merupakan hal yang tidak baik. 

Sebelumnya, Untung Suseno Sutarjo Sekjen Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa maraknya berita hoax khususnya tentang kesehatan sangat merugikan. Misalkan ada informasi hoax terkait dampak obat yang beracun dan makanan yang mengandung zat-zat negatif padahal sudah dicek diberi izin edar oleh pemerintah. 

Untung mengatakan, untuk menanggulangi hoax maka peran kehumasan baik pemerintah pusat maupun daerah harus cepat melakukan koordinasi untuk mengkonter narasi dari informasi hoax tersebut sebelum meluas.(p/ab)